SIMRS adalah solusi digital meningkatkan efisiensi rumah sakit. Permasalahan operasional RS seperti menumpuknya antrian pasien, proses klaim BPJS yang terlalu rumit, penumpukan file rekam medis, dan masalah lainnya akan bisa teratasi berkat SIMRS. Sebenarnya apa itu SIMRS?

SIMRS adalah singkatan dari Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit yaitu suatu sistem informasi yang terintegrasi yang disiapkan buat menanggulangi totalitas proses manajemen RS mulai dari pelayanan diagnosa serta aksi buat pasien, rekam medis, apotek, gudang farmasi,

SIMRS juga menangani sistem komputerisasi baik hardware ataupun aplikasi RS meliputi, sistem jaringan PC/ internet RS, web, billing sistem buat pelayanan pasien serta perbaikan PC/ printer.

Lebih singkatnya, SIMRS adalah sistem yang memproses dan mengintegrasikan segala alur proses pelayanan RS dalam wujud jaringan koordinasi, pelaporan serta prosedur administrasi untuk mendapatkan data secara tepat, serta merupakan bagian dari Sistem Informasi Kesehatan

Kenapa Harus memiliki SIMRS?

Selaku salah satu wujud sarana pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan, RS kerap hadapi kesusahan dalam pengelolaan data baik buat kebutuhan internal ataupun eksternal. sehingga butuh diupayakan peningkatan pengelolaan data yang efektif, cepat, mudah, akurat, murah, nyaman, terpadu serta akuntabel.

Salah satu wujud pelaksanaannya lewat sistem pelayanan dengan menggunakan teknologi data lewat pemakaian Sistem Informasi berbasis komputer. Pesatnya kemajuan teknologi di bidang data sudah mengubah tatanan kehidupan masyarakat. Fungsi pelayanan informasi serta data yang dilaksanakan oleh RS selaku salah satu unit kerja pengelola informasi serta Data dituntut untuk sanggup melaksanakan bermacam penyesuaian serta pergantian.

SIMRS adalah solusi pelayanan informasi RS secara produktif, transparan, tertib, cepat, mudah, akurat, terpadu, nyaman serta efektif, khususnya membantu dalam memperlancar serta memudahkan pembuatan kebijakan dalam meningkatkan sistem pelayanan kesehatan.

Copy of Untitled by Dimar Indonesia

Tujuan Pemakaian SIMRS

Menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI nomo 82 tahun 2013 tentang SIMRS, Tujuan pelaksanaan pengelolaan dan pengembangan SIMRS adalah mampu meningkatkan dan mendukung proses pelayanan kesehatan yang meliputi:

  • Kecepatan, akurasi, integrasi, peningkatan pelayanan, peningkatan efisiensi, kemudahan pelaporan dalam penerapan operasional;
  • Kecepatan mengambil keputusan, akurasi serta kecepatan identifikasi permasalahan serta kemudahan dalam penataan strategi dalam penerapan manajerial; dan
  • Budaya kerja, transparansi, koordinasi antar unit, uraian sistem serta pengurangan bayaran administrasi dalam penerapan organisasi.

Sesuai dengan definisinya, SIMRS adalah sistem yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan efisiensi, daya guna, profesionalisme, kinerja, dan akses serta pelayanan pada RS. Demi mewujudkan tujuan tersebut, Pemerintah Indonesia mengharuskan seluruh RS untuk menyelenggarakan SIMRS.

Pelaksanaan SIMRS

SIMRS dapat memakai aplikasi dengan kode sumber terbuka ataupun open source yang disediakan oleh Kemenkes ataupun memakai aplikasi yang diselenggarakan oleh RS. Tetapi bila suatu RS menyelenggarakan aplikasi sendiri, wajib mencakup seluruh perihal yang cocok dengan penafsiran SIMRS dan penuhi persyaratan yang sudah diresmikan oleh Menteri kesehatan.

Persyaratan yang diresmikan itu merupakan wajib sanggup meningkatkan serta menunjang proses pelayanan kesehatan di RS. Ialah meliputi kecepatan, akurasi, integrasi, peningkatan pelayanan, peningkatan efisiensi, dan kemudahan pelaporan dalam penerapan operasional.

Tidak hanya itu, aplikasi SIMRS yang diselenggarakan oleh Rumah sakit pula wajib menunjang kecepatan dalam mengambil keputusan, akurasi, kecepatan identifikasi permasalahan, dan kemudahan dalam penataan strategi dalam penerapan manajerial. Berikutnya, persayaratan yang diresmikan Menkes merupakan aplikasi SIMRS tersebut jadi budaya kerja, transparansi, koordinasi antar unit, uraian sistem serta pengurangan bayaran administrasi dalam penerapan organisasi.

Kewajiban Memiliki SIMRS

SIMRS adalah solusi untuk transformasi digital yang tertuang pada Permenkes RI No 82 tahun 2013 tentang SIMRS. Dalam regulasi SIMRS tersebut dinyatakan kalau tiap RS harus menyelenggarakan SIMRS. Tetapi sayangnya masih banyak RS dinilai tidak mempunyai pengelolaan IT yang komperhensif, sehingga jadi hambatan pelaksanaan ataupun pengembangan SIMRS.

Pengembangan SIMRS secara internal pasti memerlukan waktu serta resource yang lumayan banyak. Belum lagi pengeluaran gaji untuk pengembangan SIMRS yang tidak sedikit. Oleh sebab itu, pemakaian layanan SIMRS pihak ketiga menjadi opsi terbaik. Aviamed SIMRS bisa menjadi alternatif untuk RS maupun faskes yang lagi mencari SIMRS terbaik. SIMRS kami mempunyai sistem pencatatan rekam medis yang mengintegrasikan segala alur proses pelayanan rumah sakit secara real- time buat mendapatkan data medis serta non- medis secara pas serta akurat.

Keunggulan Aviamed SIMRS

Demi memudahkan rumah sakit untuk memperoleh SIMRS dengan biaya terjangkau, Aviamed SIMRS by Trustmedis hadir dengan aplikasi SIMRS berbasis cloud sehingga rumah sakit tidak perlu menyiapkan infrastruktur dan server yang menghabiskan biaya yang tidak sedikit.

Kehadiran Aviamed SIMRS diharapkan mampu mengatasi permasalahan RS diantaranya sulitnya mengatur antrian pasien, laporan penjualan yang tidak realtime, ribetnya administrasi BPJS, selisih cek stok obat, sulitnya mengelola data rekam medis, dan banyak permasalahan lainnya.

Beberapa fitur unggulan Aviamed SIMRS diantaranya :

  • Proses pendaftaran pasien yang mudah
  • Perhitungan waktu antrian pasien
  • Rekam medis elektronik Integrasi E- resep ke bagian farmasi
  • Perhitungan rekap tagihan monitoring pengadaan hingga penjualan obat dengan sekali klik
  • Memantau kinerja pegawai dengan fitur dashboard performance
  • Memantau pemasukan, kunjungan pasien, serta trend penjualan secara real time
  • Berkas klaim otomatis
  • Integrasi dengan Indonesia Healthy Service Satu Sehat dari Kemenkes
  • Integrasi BPJS Vclaim & BPJS PCare
  • Integrasi dengan aplikasi akuntansi, booking online, serta aplikasi lainnya

Anda bisa mendiskusikan kebutuhan SIMRS dan fitur-fitur apa yang dibutuhkan kepada kami. Akan tersedia pelatihan dan bimbingan teknis selama pemakaian. Anda bisa mencoba aplikasi SIMRS secara GRATIS dan mendapatkan penjelasan cara pemakaian dari kami dengan klik disini.